Online Advertisement – Supply Side Platform

https://qillknows.wordpress.com/
Setelah sebelumnya kita membahas tentang DSP (Demand Side Platform), sekarang kita coba lihat dari sisi Servernya atau yang biasa disebut Supply Side Platform. Kalau DSP beroperasi dari sisi Advertiser, maka SSP beroperasi dari sisi Publisher.


Sama halnya seperti DSP, SSP merupakan software yang bertugas menjual iklan secara otomatis. SSP biasa digunakan oleh Publisher untuk menolong mereka menjual banner, video, dan iklan-ikla pada perangkat mobile. Dengan kata lain SSP merupakan equivalen dari DSP. DSP digunakan untuk membeli impresi dari Ad Exchange semurah-murahnya, sedangkan SSP bertugas untuk memaximalkan harga impresi yang dipunyai ketika dibeli oleh DSP.

SSP membuat Publisher dapat mengoneksikan inventori (impresi) yang mereka punyai dengan Ad Exchnge, DSP, dan bermacam-macam jaringan periklanan yang ada. Dengan konsep ini, para publisher dapat megatur harga space iklan yang dia punyai agar dapat dibeli dengan harga semaksimal mungkin. KEtika SSP melelang impresi / Ad space ke Ad Exchange, DSP akan mengalisa impresi / Ad space tersebut dan (jika berkenan) akan mewakili Advertiser membeli impresi / Ad space tersebut. Idenya adalah dengan membuka / melempar impresi ke Ad Exchange sebanyak-banyaknya, akan banyak potesial pembeli yang akan membeli lewat sistem lelang (Real Time Auction). Dengan demikian, profit / keuntungan Publisher dapat dimaksimalkan. Itulah sebabnya terkadang SSP disebut dengan Yield Optimization Platform.

Dengan membuka inventorinya ke para potensial pembeli, SSP juga menawarkan kepada Publisher kemampuaan untuk menentukan harga minimum atau price floor kepada pembeli-pembeli tertentu atau channel-channel tertentu. Dalam perjalannya, SSP banyak digunakan oleh publisher dibandingkan dengan tim sales yang beranggotakan manusia. Namun demikian, SSP juga dapat digunakan untuk mengumpulkan data-data pembeli dan kemudian mengerahkan tim sales untuk pemasaran dengan harapan memperoleh untung yang besar. Beberapa Publisher juga awalnya menggunakan SSP untuk mengkampanyekan trafik mereka.

Beberapa pemain besar SSP adalah Google, OpenX, PubMatic, Rbicon Project, AppNexus, Tight Media, dan AOL.

https://qillknows.wordpress.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s