10 Gereja tertua di dunia

http://qillknows.wordpress.com/
1. Dura-Europos church
Gereja Dura-Europos merupakan Gereja Kristen yang paling awal diindentifikasi. Gereja ini terletak di Dura-Europos di Suriah dan sudah ada sejak tahun 235. Pada tahun 1921, sebuah tim akeologi yang bekerja di tepi Sungai Efrat menemukan sisa-sisa gereja Kristen yang ada pertama kali. Gedung gereja itu terletak di suatu tempat yang oleh pasukan Romawi Kuno disebut Dura-Europos. Reruntuhan gereja itu ditinggalkan oleh Romawi pada tahun 257.

2. Megiddo church
Megido gereja yang terletak di kota Tel Megido, Israel, dan merupakan salah satu gereja kuno adalah yang tertua yang pernah ditemukan oleh arkeolog. Diketahui, sampai tahun 2005, arkeolog nama Israel Yotam Tepper dari Tel-Aviv University telah menemukan reruntuhan gereja ini, dan mereka juga memiliki bukti bahwa gereja ini dibangun abad3, periode orang Kristen yang setia masih dianiaya oleh Kekaisaran Romawi.
Sisa reruntuhan ditemukan juga di penjara Magiddo yang terletak beberapa ratus meter di selatan Tel. Diantara temuan tersebut terdapat mosaik bertulisan bahwa “Gereja dipersembahkan kepada TUHAN YESUS” dalam tulisan Yunani. Mosaik tersebut juga dilengkapi dengan gambar ikan yang merupakan simbol awal dari Kekristenan.

3. Monastery of Saint Anthony
Monastery of Saint Anthony terletak di oasis dibagian timur gurun di Mesir. Biara ini merupakan salah satu yang tertua yang didirikan oleh para pengikut Santo Anthony yang dianggap sebagai seorang pertapa biarawan pertama. Biara ini juga merupakan biara yang terkemuka di Mesir dan pengaruhnya sangat luas bagi beberapa organisasi Koptik.

4. Saint Pierre aux Nonnains basilica
Saint-Pierre-aux-Nonnains basilika adalah bangunan gereja bersejarah di Metz, Perancis yang dibangun tahun 380 Masehi dan merupakan salah satu gereja tertua di Eropa. Bangunan ini awalnya dibangun untuk menjadi bagian dari kompleks spa Romawi, tetapi struktur yang ada dikonversikan menjadi digunakan sebagai sebuah gereja di abad ke-7 dan menjadi Kapel. Bagian tengah dari bangunan ini telah direnovasi pada sekitar tahun 1000. Mulai dari tahun 1970, bangunan ini telah diperbaiki lagi dan dibuka untuk konser dan pameran.

5. Church of Our Lady Mary of Zion
Church of Our Lady Mary of Zion adalah geraja yang paling penting di negara Ethiopia. Gereja ini dipercaya dibangun pada masa pemerintahan Ezana, kaisar Kristen pertama di Ethiopia, dan sejak abad ke-4 Masehi, telah berkali-kali direkonstruksi. Gereja ini terletak di kota Axum di propinsi Tigray. Gereja ini sempat dua kali dihancurkan, yaitu pada masa Ratu Gudit (abad 10) dan oleh Ahmad ibn Ibrahim al-Ghazi (sekitar abad 16). Kemudian pada masa kaisar Gelawdewos, Gereja ini dibangun kembali dan diperluas oleh Fasilides pada abad ke 17.

6. Cathedral of Trier
Cathedral of Trier merupakan sebuah gereja di Trier, Rheinland-Palatinate, Jerman. Ini adalah katedral tertua di negara ini. Bangunan ini terkenal karena sejarah yang panjang dan telah melalui sberbagai zaman yang berbeda sehingga mempengaruhi desainnya. Struktur gereja yang besar membuatnya merupakan Gereja terbesar di Trier dan Sejak tahun 1986 telah masuk dalam daftar UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia.

7. Church of Saint Simeon Stylites
Church of Saint Simeon Stylites adalah gereja yang telah ada sejak abad ke-5. Terletak sekitar 30 km barat laut dari Aleppo, Suriah, Gereja ini dibangun di lokasi pilar St Simeon Stylites , seorang biarawan terkenal. Gereja ini dikenal juga sebagai “Qalat Seman Benteng Simeon’.

8. Hagia Sophia
Hagia Sophia pada dasarnya merupakan Gereja Ortodoks. Kemudian menjadi masjid, dan sekarang menjadi museum di Istanbul, Turki. Dari berdirinya gereja ini sampai 1453, Gereja ini digunakan sebagai katedral Konstantinopel, kecuali diantara antara 1204 samapi 1261, ketika diubah menjadi katedral Katolik Roma. Bangunan itu mennjadi masjid pada tanggal 29 Mei 1453 sampai tahun 1934. Saat ini Hagia Sophia dibuka sebagai museum muali tanggal 1 Februari 1935.

9. Saint Catherine’s Monastery, Mount Sinai
Saint Catherine’s Monastery terletak di Semenanjung Sinai, di ngarai di kaki Gunung Sinai kota Saint Katherine, Mesir. Ini adalah biara Ortodoks dan merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO. Menurut laporan UNESCO, biara ini adalah salah satu biara Kristen tertua di dunia bersama-sama dengan Monastery of Saint Anthony.

10. Church of the Nativity
Ini merupakan Gereja yang mungkin paling berkesan bagi umat Kristiani. Struktur Gereja ini dibangun di atas gua sebagai tradisi mengenai tempat kelahiran TUHAN YESUS dari Nazaret, dan dengan demikian dianggap sakral oleh orang Kristen. Situs ini juga dihormati oleh para pemeluk agama Islam.

http://qillknows.wordpress.com/

courtesy : wikipedia.org

14 Comments

Filed under SERBA SERBI, TOP List

14 responses to “10 Gereja tertua di dunia

  1. Lydia Emmy Muaja

    Saya sangat menyukai akan berita-berita yang ada sangkut pautnya dengan agama Kristen

  2. Lona manullang

    SaYa seNanq dqn bErita Yq mNambAh waWasan Pd kita semUa…….

  3. Hendra Laiya

    saya sangat senang dgn berita tentang sejarah…. buat tambah wawasan..pokoknya saya suka….mantap

  4. nice to see the old christian’s build

  5. HALLELUJAH………………. FANTASTIS..!!!

  6. Ridwan Suriawarsita

    Amat berguna bagi kita yg haus akan kebenaran dan bukti bahwa kita dapat menelusuri awal ke Kristen an mula2 Bapak2 rasuli agar kita tidak disesatkan oleh nabi2 palsu jaman sekarang gereja mana yg betul2 berasal dari Kristus dan bukan buatan manusia

  7. berita ini sangat membuka insfirasi ku akan keangungan Tuhan sejak dahulu kala sudah dipuja banyak orang, termasuk nenek moyang dari segala bangsa-bangsa didunia

  8. Endang Kusumaningsih

    Knowing The oldest churches in the world is one of the way to follow the Christian History

  9. imanuel leunura

    Sejara perjalanan Kristen sangat panjang. Saya sangat menghargai kerja keras dari umat TUHAN masa awal. Kenapa kita zaman sekarang hanya berpangku tangan? Tuhan Yesus berkati umatMu sepanjang sejarah dan di mana saja. Amin.

  10. jadikan gereja sebagai bait suci Allah,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s